DAFTAR ISI

Pengikut

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 23 Agustus 2012

Apa Itu HSPA, HSDPA, HSUPA, dan EVDO?

Nah pada Saat Kita membeli modem sangat di anjurkan mengetahui Nama2 Diatas
Nah Teman2 Langsung Saja Ke Inti Permasahalan
Saat ini perkembangan teknologi komunikasi data sangat pesat sekali, seiring berkembangnya hal tersebut maka banyak pula muncul istilah-istilah baru yang terdengar di telinga kita. Istilah tersebut antara lain HSPA, HSDPA, HSUPA, serta EVDO.
Sebenarnya dunia komunikasi data bukanlah bidang yang saya dalami, tapi rasa penasaran saya akan hal ini membuat saya mencoba berbagi. Terlebih seminggu ini saya sibuk-sibuknya mencoba modem usb yang tepat buat koneksi FLASH yang saya daftarkan buat keluarga, mengingat terjadinya gangguan pada koneksi EVDO di pemukiman rumah saya.
HSPA (High Speed Packet Access) merupakan induknya dari HSDPA dan HSUPA. HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EV-DO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000.
HSDPA adalah singkatan dari High Speed Downlink Packet Access Pebedaan antara UMTS dengan HSDPA adalah pada kecepatan yang bisa dicapai. Kalau 3G (dibaca Tri Ji) artinya mendukung kecepatan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System ) yang hanya bisa maksimum 384kbps. Sedangkan HSDPA secara teori bisa mencapai 3.6Mbps (hampir 10 kali lipat kecepatan maksimal UMTS), HSDPA sering disebut 3,5G (teknologi tiga setengah G) untuk membedakan dari standard 3G sebelumnya.
Teknologi HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. HSDPA merupakan pengembangan dari jaringan W-CDMA yang sudah ada. Sebagai informasi, W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi.
HSUPA yaitu singkatan dari High Speed Uplink Packet Access, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh: kecepatan UPLOAD foto ke facebook, blog dan sebagainya.
Untuk provider yang mendukung HSDPA/HSUPA saat ini sudah banyak sekali antara lain Telkomsel Flash, 3 (Three), IM2, dan sebagainya.
EVDO yaitu singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA.
Saat ini di Indonesia, EVDO terbagi 2 yaitu Rev O dan Rev A. Teknologi CDMA EVDO ini diyakini memiliki kecepatan dan tarif yang bersaing dengan GSM 3G HSDPA. Untuk teknologi EVDO sementara ini baru dapat dinikmati dengan layanan dari Fren dengan produk Mobinya dan operator SMART. Bahkan saat ini kedua provider ini telah bergabung dengan produk mereka  yang diberi nama smartFren
Sedikit penjelasan tentang Tingkatan Kecepatan koneksi jaringan CDMA :
  1. Teknologi CDMA 1X memiliki kecepatan download maksimal 153 Kbps
  2. Teknologi EVDO Rev O kecepatan download maksimal 2.4 Mbps
  3. Teknologi EVDO Rev A memiliki kecepatan download maksimal 3.1 Mbps
Untuk kualitas dan kecepatan akses internet mana yg lebih baik dari Teknologi di atas? Jawabannya RELATIF. Karena sangat bergantung pada :
  • Kepadatan pengguna pada daerah kita. Untuk faktor yang satu ini saya sudah merasakannya sendiri. User EVDO di daerah saya saat ini sudah overload yang menyebabkan gangguan bahkan koneksi terputus.
  • Tangkapan signal di tempat kita, dan ini bergantung pada BTS yang ada di lingkungan kita.
  • Lokasi kita (apakah terhalang gedung , pohon dsb)
  • Dan faktor dari operatornya itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Welcome In Blogging Is My Life

Thanks TO Dodi Anggara

Untuk Lebih Deket Hubungan Kita , langsung Aja lain Untuk Lebih Mengetahui Perkembangan BLOG

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!